Assalamu'alaikum Wr.Wb

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Well Come to my blog
SUNARDI ; Guru Kimia SMK N Rejang Lebong Bengkulu "DENGAN ILMU HIDUP AKAN LEBIH MUDAH"

SELAMAT BERGABUNG

Untuk siswa/i-ku,...siapapun dirimu,...dari manapun asal tempat tinggalmu, janganlah kalian pesimis. Hadapi tantangan masa depanmu dengan tegar, penuh ketekunan. Yakinlah dengan bekal ilmu yang kalian terima dari para guru, kalian akan menyonsong masa depan yang lebih bahagia.

Admin.KBM

 KISI-KISI mid smt ganjil 2013/2014


KISI-KISI PENULISAN SOAL

Nama Sekolah           :  SMK N 2 Curup Timur                                        Alokasi Waktu            :  90 Menit
Mata Pelajaran          :  KIMIA                                                                    Jumlah Soal               :  10
Kelas / Semester        :  XII TKR, XII TLI, XII TAV                               Penulis                        :  SUNARDI, S.Pd

Standar Kompetensi (SK)
Kompetensi Dasar
(KD)
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Nomor Soal
14.Memahami  koloid, suspensi, dan larutan sejati




15.Memahami konsep kimia inti dan radiokimia

14.1 Mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan sejati

14.2 Membedakan macam dan sifat koloid

14.3 Menerapkan sistem koloid dalam kehidupan

15.1 Memahami kimia inti dan radiasi
15.2 Memahami radio-kimia dan aplikasinya
Koloid,suspensi  dan arutan





Kimia inti dan Radiokimia
1.    Konsep tentang koloid.didefinisikan dengan benar.
2.    Perbedaan antara koloid, suspensi dan larutan dijelaskan dengan benar.
3.    Macam koloid menurut fasenya disebutkan dengan benar.
4.    Konsep efek Tyndall dijelaskan dengan benar.
5.    Konsep koloid liofil dan liofob diartikan dengan benar.
6.    Pembuatan dan pemurnian koloid dijelaskan dengan benar.
7.    Penggunaan koloid dalam kehidupan sehari-hari dan dalam industri disebutkan dengan benar.

8.    Radioaktif didefinsikan dengan benar.
9.    Jenis sinar radioaktif dijelaskan dengan benar.
10.    Konsep isotof, isoton dan isobar dijelaskan dengan benar.



Essey
1
2
3
4
5
6
7

8
9
10

                                                                                                                                                                                                Curup, 02 Oktober 2013
                                                                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,


                                                                                                                                                                                                S  U  N  A  R  D  I ,  S.Pd
                                                                                                                                                                                                NIP.19650504 198901 1 003



silabus smk kimia
http://www.scribd.com/doc/44792514/silabus-smk-kimia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                    : X/2
Materi                                         : Konsep Mol            
Alokasi Waktu                         : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi             : 4. Memahami konsep mol

Kompetensi Dasar                 : 4.1. Menjelaskan konsep mol
Indikator                                    : -     Menentukan mol berdasarkan jumlah partikel

I.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses kegiatan pembelajaran siswa dapat : :
1.      Menjelaskan pengertian mol
2.      Menghitung mol berdasarkan data jumlah partikel
3.      Menghitung jumlah partikel berdasarkan data mol
II.    MATERI PEMBELAJARAN
Mol adalah satuan jumlah yang digunakan dalam perhitungan kimia.
III. KKM        : 65
IV. STRATEGI/PENDEKATAN/ METODE
1. Strategi       : Direct instruction
2. Pendekatan : Konsep
3. Metode       : Diskusi, tanya jawab

V.    LANGKAH –LANGKAH KEGIATAN
1.      Kegiatan Awal
a.       Prasyarat pengetahuan :mengetahui satuan jumlah dalam kehidupan sehari-hari
b.      Pemberian motivasi dengan tanya jawab tentang satuan jumlah dalam kehidupan sehari-hari
c.       Pemberian informasi tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
                  Eksplorasi
a.       Membandingkan satuan jumlah dalam kehidupan sehari-hari dengan mol
b.      Menyimpulkan rumus mol berdasarkan jumlah partikel
c.       Mengerjakan latihan soal menentukan mol berdasarkan data jumlah partikel dan sebaliknya dari buku sumber
d.      Membahas latihan soal (diskusi kelas)
3.      Kegiatan Akhir
a.       Melakukan tanya jawab yang mengarah kepada kesimpulan.
b.      Memberikan tugas latihan soal dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya
VI. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
1. Sumber : - Buku Paket Kimia SMK kelas XI  Penerbit: Grafindo
-    Kimia SMA kelas XI  2A  Penerbit : Erlangga
-    Buku Kimia SMA kelas XI  2A Penerbit : Yudhistira
2. Alat       : -
VII.          PENILAIAN

Indikator pencapaian
Indikator soal
Teknik
Bentuk
Soal
-     Menentukan  mol berdasarkan jumlah partikel

-          Siswa dapat menghitung jumlah mol berdasarkan jumlah partikel
-          Siswa dapat menentukan jumlah partikel berdasarkan mol
Tertulis
Uraian

1. Hitung jumlah mol dari :
a. 3,01 x 1023 atom Cu
b.12,04 x 1024molekul air
2.Hitung jumlah parikel dari:
a. 8 mol emas
b.6 mol HNO3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


                          Nama Sekolah              : SMK N 2 Curup Timur
                          Mata Pelajaran             : KIMIA
                          Kelas/Semester            : X / Ganjil
                          Alokasi Waktu              : 2 Jam Pelajaran
                         
Standar Kompetensi        :    Memahami konsep penulisan lambang unsur dan persaman reaksi
Kompetensi Dasar           :    Memahami lambang unsur
Indikator                          :    
·         Penulisan lambang unsur dijelaskan dengan benar
·         Lambang unsur dituliskan dengan benar berdasar hasil konvensi IUPAC
I.     Tujuan Pembelajaran
·       Siswa dapat menuliskan lambang unsur berdasar hasil konvensi IUPAC. 
II.     Materi Pembelajaran
·         Lambang Unsur

III. KKM : 65
           
IV.   Model/Strategi/Pendekatan/Metode
       1. Model             ; Inkuari
       2. Strategi           : Cooperative Learning
       3. Pendekatan     ; Keterampilan Proses
       4. Metode           : Diskusi Informasi, Tanya Jawab

V.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
      
Kegiatan
Rincian
Waktu (Menit)
Kegiatan Awal
Pendahuluan
·      Prasyarat pengetahuan : Unsur
·      Pemberian motivasi dengan tanya jawab tentang unsur yang telah umum dikenali dalam kehidupa sehari-hari.
·      Pemberian informasi tujuan pembelajaran dan pembagian kelompok.



10
Kegiatan Inti
·      Guru membagikan LKS yang berisi contoh – contoh lambang dan nama unsur. 
·      Setiap kelompok mengkaji LKS.
·      Siswa mendiskusikan hasil kajiannya bersama rekan sekelompoknya dengan bimbingan guru.
·      Setiap kelompok mengemukakan kesimpulan tentang cara pemberian nama unsur dan lambangnya.
·      Masing – masing siswa diberikan kartu yang terdiri dari lambang unsur.
·      Setiap siswa mencari pasangannya untuk tanya jawab lambang unsur dan namanya.
·       Kegiatan ini terus belanjut sehingga setiap siswa dapat menuliskan lambang usur berikut namanya.
     




75
Kegiatan Akhir
·      Memberikan tugas latihan soal dan tugas baca materi pertemuan reaksi untuk pertemuan berikutnya.

5

V.   Sumber/Alat Bantu
1. Sumber :  
§         Buku Kimia Kls X
§         Lembar kerja siswa non eksperimen
      2. Alat Bantu :
§         Charta Lambang dan nama unsur.
§         Kartu permainan Lambang Unsur. 
VII. Penilaian
       Essay
Indikator Kompetensi
Indikator Soal
Teknik
Bentuk
Soal
Lambang unsur dituliskan dengan benar
Diberikan beberapa unsur, siswa dapat menulis lambang unsurnya.
Tertulis
Lisan
Essay
Terlampir

  
 Curup ,   Juli 2010
        Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran, 

                
Drs. YULIUS EMINANSI                                                     S  U  N  A  R  D  I,   S.Pd
NIP.196312271989011003                                                  NIP.196505041989011003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : IPA KIMIA
Kelas/Semester           : XI(sebelas)/Ganjil
Pertemuan                   : 1 kali
Alokasi Waktu             : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi    :  20. Memahami larutan elektrolit dan elektrokimia

Kompetensi Dasar       :  20.1. Membedkan larutan elektrolit dan non elektrolit


I.       Indikator
·         Pengertian larutan sebagai campuran dari dua atau lebih zat yang homogen dideskripsikan dengan benar.
·         Penegertian larutan biner sebagai larutan yang hanya terdiri atas zat terlarut dan pelarut dideskripsikan dengan benar
·         Perbedaan larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya .
·         Ciri-ciri hantaran listrik disimpulkan berdfasarkan hasil percobaan.
II.    Materi Ajar
·         Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
III. Metode Pembelajaran
·         Eksperimen
·         Diskusi dan tanya jawab
IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran
A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Setelah absensi guru mengucapkan salam, siswa menjawab salam
·         Guru menanyakan tentang pengertian larutan
·         Siswa menyampaikan jawaban satu persatu.
·         Guru menuliskan judul dan tujuan pembelajaran 
B.     Kegiatan inti ( 60 menit)
·         Guru membagikan LKS 20.1 Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
·         Siswa mengerjakan LKS bersama-sama dalam kelompoknya dengan bimbingan guru.
·         Siswa melaksanakan diskusi kelas dengan bimbingan guru.
·         Guru menambahkan beberapa materi yang belum diperolah siswa dalam diskusi.
C.     Kegiatan akhir (20 menit).
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru memberikan tugas di rumah.
V.     Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 20.1)
·         Uji Kompetensi praktik (Prosedur Eksperimen dengan LKS 20.1)

Curup,    Juli 2010                  
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran              

                                                           
         Drs. YULIUS EMINANSI                                         S  U  N  A  R  D  I, S.Pd
         Pembina                                                              NIP.19650504 198901 1 003     
         NIP. 19631227 198903 1 006






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                     : Kimia
Kelas                                     : XII
Materi                                   : Polimer
Alokasi Waktu                      : 2 jam Pelajaran
Standar Kompetensi             : 12. Menjelaskan sistem klasifikasi dan kegunaan polimer
Kompetensi dasar                 : 12.1. Menjelaskan kegunaan polimer
Indikator                                : - Pengertian polimer dideskripsikan dengan benar
  - Bahan-bahan polimer dalam kehidupan sehari-hari diidentifikasi
     berdasarkan kegunaannya

I.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.      menjelaskan pengertian polimer
2.      menjelaskan kegunaan PVC dalam kehidupan sehari-hari
3.      menjelaskan kegunaan Bakelet dalam kehidupan sehari-hari
4.      menjelaskan kegunaan Teflon dalam kehidupan sehari-hari
5.      menjelaskan kegunaan Polietilen dalam kehidupan sehari-hari
6.      menjelaskan kegunaan Karet dalam kehidupan sehari-hari
7.      menjelaskan proses vulkanisasi

II. Materi Pembelajaran
  1. Pengertian Polimer 
Polimer adalah senyawa yang memiliki struktur molekul yang sangat besar dengan berat molekul  antara 500-10.000 kali berat molekul monomernya.
2.  Kegunaan Polimer
a.       PVC digunakan untuk pipa air, piringan hitam, alat rumah tangga, jas hujan, dan lain-lain.
b.      Bakelit digunakan untuk membuat peralatan listrik, toilet, radio, pembuatan lembaran laminasi, perekat polywood.
c.       Teflon digunakan untuk membuat peralatan mesin, peralatan rumah tangga, peralatan lisrik dan lain-lain.
d.      Polietilien digunakan untuk membuat alat rumah tangga, saperti ember, sisir, botol minuman, kantong plastik dan lain-lain.
e.       Karet digunakan untuk membuat ban.
3.      Vulkanisasi adalah proses penambahan belerang pada karet yang dipanaskan sehingga karet
      menjadi elastis dan kuat dalam segala cuaca.

III. KKM : 60

IV. Model/Strategi/Pendekatan/Metode
      1. Model                : Inquiri
      2. Strategi              : Diskusi
      3. Pendekatan       : Lingkungan
      4. Matode              : Diksusi – Informasi

V.  Langkah – langkah kegiatan
Kegiatan
Rincian
Waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan :
-       Prasarat Pengetahuan : Kimia karbon
-       Pemberian motivasi dengan tanya jawab penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari
-       Masalah : apakah plastik yang digunakan untuk alat elektronik sama dengan plastik yang digunakan untuk mengemas minyak goreng? Bagaimana cara membedaknnya?
-       Pemberian Informasi tujuan pembelajaran

15 Menit
Kegiatan inti
Eksplorasi :
-       Membagi kelompok dan memberikan LKS pada masing-masing siswa
-       Mengkaji Informasi dari buku mengenai pengertian polimer
-       Mengamati benda-benda yang ada di lingkungan yang termasuk polimer
-       Berdiskusi untuk mengidentifikasikan bahan-bahan berdasarkan kegunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari
Elaborasi
-       Presentasi dan diskusi mengenai bahan-bhan polimer berdasarkan kegunaannya.
-       Diskusi-informasi tentang proses Vulkanisasi

Konfirmasi :
-       Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang kegunaan polimer dalam  kehidupan sehari -hari
25 Menit








20 Menit

15 menit
Kegiatan akhir
-       Memberikan tugas untuk menuliskan kembali hasil diskusi mengenai pengertian polimer dan kegunaanya dalam kehidupan sehari hari
-       Mengumpulkan LKS.
-       Menugaskan siswa mencari benda-benda polimer yang ada di lingkungannya untuk dibawa pada pertemuan selanjutnya.
15 menit

VI. Sumber/Alat Bantu
       - Sumber               : Buku kimia SMA dan SMK, LKS
       - Alat Bantu         : Benda-benda polimer yang ada dilingkungan

VII. Penilaian
         Teknik Penilaian : Tertulis
         Bentuk Penilaian : Pilihan Ganda
No
Indikator soal
soal
1.






2.




3.






4.



5.
Siswa mendefinisikan pengertian polimer.





Diberikan beberapa contoh polimer, siswa menyebutkan benda yang terbuat dari PVC.


Diberikan beberapa bahan dasar polimer, siswa dapat menyebutkan bahan dasar benda yang terbuat dari polimer



Siswa dapat menyebutkan bahan dasar suatu benda yang terbuat dari polimer berdasarkan kegunaannya

Diberikan beberapa zat yang digunakan pada proses vulkanisasi, siswa dapat menyebutkan zat yang digunakan pada proses vulkanisasi
Polimer adalah senyawa yang memiliki struktur molekul yang sangat besar, sehingga polimer disebut juga ….
A.  Molekul unsure            D. Biomolekul
B.  Minimolekul                 E. Molekul
C.  Makromolekul                  senyawa

Dibawah ini merupakan benda-benda yang termasuk polimer. Benda yang berbahan PVC adalah ….
A. Ember                  C. Panci           D. Saklar
B. Paralon                 E. Ban

Perhatikan gambar berikut :
(gambar ban mobil)
Polimer yang digunakan untuk membuat benda tersebut adalah………
A. PVC                       C. Teflon              E. Karet
B. Bakelit                    D. Polistirena

Untuk membuat peralatan listrik digunakan bahan polimer …..
A.    Melamin           C. Bakelit          E. PVC
B.     Polietilen          D. Ban
Zat  yang ditambahkan pada proses vulkanisasi  sehingga karet menjadi elastis dan kuat dalam segala cuaca ……..
A.    Karbon                C. pasir              E. Karet
B.     Garam                 D. Belerang





         Teknik Penskoran :
            Skor masing-masing soal  : Jika betul 1 dan jika salah 0
            Nilai                                  : Jumlah skor x 2





                                                                                                Curup,     Juli 2010
             Megetahui                                                                  Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK N 2 Curup Timur


Drs.YULIUS EMINANSI                                                   S U N A R D I, S.Pd
NIP.196312271989031006                                                NIP.196505041989011003



Lembar Kerja Siswa (LKS)

1.      LANGKAH KERJA
Amati dan identifikasi benda-benda yang termasuk Polimer yang ada dilingkungan, dan catat data hasil pengamatan pada tabel pengamatan !

2.      TABEL PENGAMATAN
No
Benda
Nama Benda
Kegunaan
Bahan Polimer
1







2




3







4







5







6








7







8








3.      PERTANYAAN
1.      Berdasarkan data hasil pengamatan, kelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan bahan polimernya !
2.      Sebutkan kegunaan dari bahan-bahan polimer tersebut !

4.      KESIMPULAN
Berdasarkan data hasil pengamatan diatas apa yang dapat disimpulkan ?







Tidak ada komentar:

Posting Komentar