ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SMK N 1 CURUP TIMUR
Mata Pelajaran
|
KIMIA
|
Nama
|
|
Tingkat/Prog
|
XI MM2
|
Kelas/NIS/No.Ujian
|
|
Hari/Tgl
|
|
Guru
|
SUNARDI. S.Pd
|
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT DENGAN JELAS DAN BENAR !
1. Jelaskan pengertian dari
larutan !
2. Berdasarkan daya hantar
listriknya larutan ada dua. Jelaskan !
3. Kelompokkan larutan berikut
kedalam 2 jenis larutan berdasarkan daya hantar listriknya :
air kemasan, air aki, air garam, cuka makan, air gula,
air hujan
4. Mengapa air disebut pelarut
universal (umum). Jelaskan !
5. Apakah yang dimaksud senyawa
Hidrokarbon ? Jelaskan
6. Apakah yang dimaksud
dengan atom C primer, atom C sekunder, atom C tersier, dan atom C kuarterner
? Beri penjelasan dengan bagan/rumus
strukturnya.
7. Tuliskan
rumus umum dari alkana, alkena dan alkuna!
8. Jealskan bagaimana proses
minyak bumi terbentuk ?
9. Sebut fraksi-fraksi hasil
destilasi minyak bumi dan kegunaan masing-masing !
10.
Beri penjelasan pada gambar di samping !
ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SMK N 1 CURUP TIMUR
Mata Pelajaran
|
KIMIA
|
Nama
|
|
Tingkat/Prog
|
X TKJ1, X TKJ2, X
MM1, X MM2
|
Kelas/NIS/No.Ujian
|
|
Hari/Tgl
|
|
Guru
|
SUNARDI. S.Pd
|
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT DENGAN JELAS DAN BENAR !
- Buatlah bagan/gambar sebuah atom menurut Rutherford !
- Jelaskan tentang proton, elektron m dan neutron!
- Tentukan jumlah proton, elektron, dan netron atom unsur ini : 40
X
21
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan Golongan dan Periode dalam sistem periodik unsur modern!
- Terletak pada Golongan dan periode berapakah unsur dengan nomor atom a. 33, b. 7 ?
- Tentukan dengan cara menulis jumlah elektron maksimum pada setiap kulit atom ( 52 Te )untuk menentukan Periode dan Golongannya!
- Sebutkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia !
- Setarakan permaan reaksi kimia sederhana berikut :
... H2 + ... O2 H2O
- Apakah nama kimia dari senyawa kimia dengan rumus NO
- Tulis nama kimia dari senyawa dengan rumus kimia CO2
1
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 SMK N 2 CURUP TIMUR
Latihan Ulangan kls XII
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 SMK N 2 CURUP TIMUR
1.
Apakah yang dimaksud dengan efek tyndall
2.
Koloid terdiri atas zat terdispersi dan pendispersi.Jelaskan!
3.
Jelaskan apakah busa dalam sistem koloid itu ?
4. Kelompokkan
kedalam jenis koloidnya ; batu apung, cat, tinta, hair spray, intan hitam,
mayones, perunggu, mentega, perunggu, asap pembakaran
5.
Apakah yang dimaksud sinar radioaktif?
6.
Apa saja macam-macam sinar radioaktif?
Jelaskan
7.
Apakah reaksi fisi dan fusi itu ?
8.
Sampel
garam klorida AgCl dengan berat 0,6025 gr larut dalam air. Komponen klorida
diendapkan dengan penambahan perak nitrat yang berlebih. Kemudian endapan
disaring dan dicuci sehingga didapatkan 0,7134 gr. Hitunglah persentase
komponen klorida dalam sampel !
9. Jelaskan
prinsip dasar dari distilasi !
10. Sebutkan
zat-zat hasil distilasi bertingkat(fraksinasi) minyak bumi!
Latihan Ulangan kls XII
Apakah yang dimaksud dengan senyawa hidrokarbon?
Jelaskan !
2.
Jelaskan bagaimana proses minyak bumi terbentuk !
3.
Berdasarkan struktur
ikatan atom C-nya sebutkan dan buat struktur kimia darim senyawa
hidrokarbon?
4.
Koloid terdiri atas zat terdispersi dan pendispersi.Jelaskan!
5.
Sebut kedua fase dari : busa sabun, sterofoam, asap,
awan !
6.
Kelompokkan kedalam jenis koloidnya ; batu apung,
cat, tinta, hair spray, intan hitam, mayones, perunggu, mentega, perunggu, asap
pembakaran.
7.
Apakah yang dimaksud POLIMER ?
8.
Jelaskan perbedaan polimer yang berpolimerisasi adisi dan kondensasi!
- Sebutkan 5 macam polimer alam.
- Sebutkan 5 macam polimer sintetis
Latihan Soal Mid kls XII
1.
Jelaskan definisi dari koloid ?
2.
Sebutkan jenis koloid dan definisi masing !
3.
Apakah yang dimaksud dengan efek tyndall ?
4.
Pada koloid terjadi gerak Brown. Berikan definisi serta gambarnya !
5.
Koloid terdiri atas zat terdispersi dan pendispersi.Jelaskan!
6.
Sebutkan contoh-contoh koloid yang termasuk kedua fasenya padat !
7.
Jelaskan apakah busa dalam sistem koloid itu ?
8.
Apakah perbedaan busa padat dengan busa cair menurut sistem koloid ?
9.
Sebut kedua fase dari : busa sabun, sterofoam, asap,
awan !
10. Kelompokkan
kedalam jenis koloidnya ; batu apung, cat, tinta, hair spray, intan hitam, mayones,
perunggu, mentega, perunggu, asap pembakaran
Latihan Kls I semester genap
1. Tulislah nama senyawa berikut : a. NO2 =........... ,b. Na2 PO4 = ........c. Cl2 34 =.......
2. Tulislah rumus kimia dari: a. Fosfor pentaklorida, b.Natrium karbonat, c.Kalium Nitrat
3. Hitunglah massa molekul relatif dari H2 SO4 , jika massa atom H=1, S=32 dan O=1
4. Tuliskan bunyi hukum dasar kimia tentang kekekalan massa oleh Lavoisier!
5. Apakah pengertian stoikiometri itu? Jelaskan !
6. Jelaskan pengertian reaktan !
7. Mengapa disebut reaksi reduksi ? Tuliskan contoh reaksinya !
8. Jelaskan pengertian reaksi oksidasi ! Berikan contoh penulisan reaksinya !
9. Selesaikan persamaan reaksi dari ; ... N2 + ... H2 ... NH3
10. Setarakan persamaan reaksi berikut dengan cara matematika
1. Tulislah nama senyawa berikut : a. NO2 =........... ,b. Na2 PO4 = ........c. Cl2 34 =.......
2. Tulislah rumus kimia dari: a. Fosfor pentaklorida, b.Natrium karbonat, c.Kalium Nitrat
3. Hitunglah massa molekul relatif dari H2 SO4 , jika massa atom H=1, S=32 dan O=1
4. Tuliskan bunyi hukum dasar kimia tentang kekekalan massa oleh Lavoisier!
5. Apakah pengertian stoikiometri itu? Jelaskan !
6. Jelaskan pengertian reaktan !
7. Mengapa disebut reaksi reduksi ? Tuliskan contoh reaksinya !
8. Jelaskan pengertian reaksi oksidasi ! Berikan contoh penulisan reaksinya !
9. Selesaikan persamaan reaksi dari ; ... N2 + ... H2 ... NH3
10. Setarakan persamaan reaksi berikut dengan cara matematika
(1) ; .a..CaCO3 + .b.. H2O ---> .c..CaOH + .d.. H2O + .e.. CO2
1. Jelaskan yang dimaksud ikatan kimia !
2. Apakah yang dimaksud ikatan kovalen?
3. Jelaskan pengertian mol !
4. Tuliskan tetapan Avogadro dengan benar!
5. 1 mol besi(Fe) = ........................................
6. 1mol gula = ........................................
7. Hitunglah jumlah molekul 0,25 mol air H2O !
8. Berapa gram propana C3H8 dalam 0,21 mol jika diketahui Ar C = 12 dan H = 1
9. Berapa mol besi seberat 20 gram jika diketahui Ar Fe = 56 g/mol
10. Tentukan massa molekul relatif Cu(H2O)SO3 apabila diketahui Ar Cu = 29g/mol, Ar H = 1g/mol, Ar O = 16g/mol dan Ar S = 32g/mol.
Latihan Kls 2 Semester Genap
1.Tuliskan rumus kesetimbangan reaksi dan berilah keterangannya !
2.Jelaskan fungsi katalisator dalam kesetimbangan reaksi dalam industri !
3.Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi!
4.Jelaskan pengertian dari termokimia!
5.Jelaskan perbedaan reaksi endoterm dengan reaksi eksoterm !
6.Tuliskan pengertian dan rumus dari perubahan Entalphi
7.Jelaskan perbedaan antara reaksi tidak dapat balik (irreversible) dan reaksi dapat balik (reversible), berikan contoh masing-masing?
8.Bilamana suatu reaksi dapat dikatakan telah mencapai keadaan kesetimbangan dinamis?
9.Jelaskan, mengapa kesetimbangan kimia disebut kesetimbangan dinamis?
10.Jelaskan perbedaan pokok antara reaksi kesetimbangan homogen dan heterogen, beri contoh masing-masing?
1.Tuliskan rumus kesetimbangan reaksi dan berilah keterangannya !
2.Jelaskan fungsi katalisator dalam kesetimbangan reaksi dalam industri !
3.Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi!
4.Jelaskan pengertian dari termokimia!
5.Jelaskan perbedaan reaksi endoterm dengan reaksi eksoterm !
6.Tuliskan pengertian dan rumus dari perubahan Entalphi
7.Jelaskan perbedaan antara reaksi tidak dapat balik (irreversible) dan reaksi dapat balik (reversible), berikan contoh masing-masing?
8.Bilamana suatu reaksi dapat dikatakan telah mencapai keadaan kesetimbangan dinamis?
9.Jelaskan, mengapa kesetimbangan kimia disebut kesetimbangan dinamis?
10.Jelaskan perbedaan pokok antara reaksi kesetimbangan homogen dan heterogen, beri contoh masing-masing?
1. Tuliskan rumus kimia dan reaksi ionisasi asam/basa berikut:
a. asam sulfat b. asam asetat
2. Tuliskan juga rumus kimia dan reaksi ionisasi asam/basa berikut:
a. asam karbonat b. barium hidroksida
3. Apakah penyebab sifat basa? Sebutkan beberapa sifat khas basa!
4. Sebutkan berbagai zat dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat basa!
5. Jelaskan definisi asam-basa menurut Arrhenius !
6. Jelaskan definisi asam-basa menurut Bronsted-Lowry !
7. Apakah yang dimaksud asam kuat ? Jelaskan dan beri 1 contoh !
8. Jelaskan pula pengertian asam lemah dan beri 1 contoh !
9. Sebutkan 5 zat dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat basa !
10. Sebutkan 5 zat dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat asam !
Kelas XI
1. Jelaskan pengertian Larutan!
2. Apa itu larutan Elektrolit?
3. Sebutkan jenis larutan elektrolit
4. Jelaskan bagaimana cara mengidentifikasi bahwa suatu larutan termasuk larutan elektrolit?
5. Jelaskan gejala-gejala yang timbul jika suatu larutan elektrolit diuji dengan alat penguji elektrolit?
6. Jelaskan apa yang terjadi jika suatu larutan non elektrolit dialiri listrik?
7. Sebutkan beberapa contoh larutan elektrolit !
8. Berdasarkan apakah larutan elektrolit dibedakan elektroklit lemah dan elektrolit kuat ?
9. Buat bagan alat penguji elektrolit dengan keterangan bagian-bagiannya !
10. Tuliskan pemanfaatan larutan elektrolit dalam teknologi.
MATA PELAJARAN : KIMIA
KELAS : X
HARI/TANGGAL : RABU, 7 DESEMBER 2011
ALOKASI WAKTU : 11.00 – 12.30 (90 MENIT)
- Jelaskan perbedaan unsur dan senyawa !
- Sebutkan masing-masing wujud materi serta sebutkan contohnya!
- Jelaskan pengertian atom dan partikel-partikelnya, gambarlah dan beri keterangan !
- Tentukan jumlah proton, elektron dsan netron atom : 12
C
6
- Tuliskan konfigurasi elektron untuk unsur Ca 19!
- Berapa elektron maksimal pada masing-masing kulit atom K, L, M, N ?
- Buatlah bagan pengisian elekton !
- Jelaskan cara menentukan periode dan golongan suatu unsur !
- Jelaskan mengapa setiap unsur cenderung stabil sebagamana unsur gas mulia?
- Jelaskan pengertian dari : a. Ikatan ion, b. ikatan kovalen , c. ikatan logam
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : X
PROGRAM KEAHLIAN : TEK.KOMPUTER DAN INFORMATIKA
HARI/TANGGAL : KAMIS, 8 DESEMBER 2011
ALOKASI WAKTU : 07 - 30 – 09.00 (90 MENIT)
1. Sebutkan dan jelaskan tiga tingkat keanekaragaman makhlik hidup !
2. Sebutkan ciri-ciri hewan tipe Australia !
3. Manfaat apa saja yang dapat dirasakan manusia dari keanekaragaman makhluk hidup
4. Apa
5.
6. Jelaskan yang dimaksud variabel dalam metode ilmiah!
7. Sebutkan 3 macam variabel dalam metode ilmiah !
8. Jelaskan pengertian metode ilmiah !
9. Sebutkan langkah-langkah metode ilmiah !
10. Tuliskan contoh kalimat rumusan masalah dalam suatu penelitian ilmiah !
ANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SMK N 1 PU.Tanding
Mata Pelajaran
|
FISIKA
|
Nama
| |
Tingkat/Prog
|
X / TIK
|
Kelas/NIS
|
Tulislah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
1. Apakah pengertian besaran itu ? Jelaskan !
2. Apakah yang dimaksud mengukur ? Jelaskan !
3. Sebutkan 3 alat ukur panjang !
4. Apa yang dimaksud dengan neraca ?
5. Sebutkan alat ukur waktu dan satuannya !
6. Sebutkan 7 besaran turunan dengan satuannya !
7. Tuliskan angka berikut menjadi 3 angka penting : a. 3,256 m, b. 78,149 gr
8. 252,8 kg
16,34 kg +
...........kg, tulis dengan menggunakan 4 angka penting.
9. Jika suatu vektor V1 = 1 satuan positif searah dengan V2 = 7 satuan positif, hitunglah berapakah jumlah kedua vektor (R) tersebut dan gambarlah.
10. Jika suatu vektor V1 = 3 negatif dan V2 = 9 satuan positif, hitunglah berapakah jumlah kedua vektor(R) tersebut dan gambarlah.
ANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SMK N 1 PU.Tanding
Mata Pelajaran
|
K3LH
|
Nama
| |
Tingkat/Prog
|
X / TIK
|
Kelas/NIS
|
Tulislah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
1. Tuliskan kepanjangan dari K3LH !
2. Sebutkan ruang lingkup K3LH !
3. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan tubuh ?
4. Sebutkan hal-hal yang penting sebelum masuk ruang kerja komputer ?
5. Jelaskan tujuan menggunakan pakaian kerja/praktik !
6. Jelaskan mengapa sebelum mengoperasikan peralatan komputer, kita perlu menjauhkan benda/zat cair di sekitar komputer ?
7. Jelaskan posisi tubuh sewaktu bekerja menggunakan komputer !
8. Sebutkan sebab-sebab penyakit mata yang diakibatkan bekerja dengan komputer ?
9. Sebutkan fungsi dari alat Screen Filter / kaca filter ?
10. Untuk keselamatan, dimanakah stop kontak AC sebaiknya diletakkan ?
ANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SMK N 1 PU.Tanding
Mata Pelajaran
|
PENJASKES
|
Nama
| |
Tingkat/Prog
|
X / TIK
|
Kelas/NIS
|
Tulislah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
1. Jelaskan tujuan mata pelajaran Penjaskes ?
2. Apa arti dari mensanna encarporesano ?
3. Sebutkan yang termasuk cabang Olah Raga atletik !
4. Sebutkan Olah Raga yang menggunakan bola !
5. Cabang Olah Raga apa saja yang menggunakan bola besar ?
6. Sebutkan cabang-cabang Olah Raga yang menggunakan bola kecil !
7. Sebutkan istilah membawa bola dalam Olah Raga Basket !
8. Jelaskan pengertian freekick dalam permainan sepak bola !
9. Dalam Olah Raga Volly dikenal smash. Jelaskan?
10. Jelaskan pengertian dari passing bola !
Kimia Kls II TAV1,2
- Apakah yang dimaksud dengan atom C primer, atom C sekunder, atom C tersier, dan atom C kuarterner ? Beri penjelasan dengan bagan/rumus strukturnya.
- Jelaskan perbedaan senyawa hidrokarbon jenuh dengan hidrokarbon tak jenuh, beri contoh masing-masing!
- Sebut fraksi-fraksi hasil destilasi minyak bumi dan kegunaan masing-masing !
- Tuliskan rumus kesetimbangan reaksi dan berilah keterangannya !
- Sebutkan 2 contoh penerapan kesetimbangan dalam industri !
- Jelaskan fungsi katalisator dalam kesetimbangan reaksi dalam industri !
- Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi!
- Jelaskan pengertian dari termokimia!
- Jelaskan perbedaan reaksi endoterm dengan reaksi eksoterm !
- Tuliskan pengertian dan rumus dar perubahan Entalphi
Kimia Kls I TAV,TITL
1. 1. Jelaskan pengertian mol!
2. 2. Tuliskan tetapan Avogadro!
3. Tuliskan rumus perhitungan jumlah mol!
4. 4. Tentukan jumlah mol dari 3,01 X 1023 atom Natrium !
5. 5. Tentukan jumlah partikel 1,5 mol senyawa H2SO4 !
6. 6. Tuliskan jumlah elektron pada atom unsur dalam tabel berikut:
Periode
|
Unsur
|
Nomor atom
|
Kulit Atom
| |||||
K
|
L
|
M
|
N
|
O
|
P
| |||
1
|
He
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
2
|
Ne
|
10
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
3
|
Ar
|
18
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
4
|
Kr
|
36
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
5
|
Xe
|
44
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
7. 7. Tulislah nama senyawa berikut : a. NO2 =........... ,b. Na2 PO4 = ........c. Cl2 34 =.......
8. 8. Tentukan Periode dan Golongan dari unsur-unsur berikut :a. 12 X, b. 32 X, c. 56 X
9. 9. Tulislah rumus kimia dari: a. Fosfor pentaklorida, b.Natrium karbonat, c.Kalium Nitrat
10. 10. Hitunglah massa molekul relatif dari H2 SO4 , jika massa atom H=1, S=32 dan O=16.
ULANGAN TENGAH SEMESTER (Mid)GENAP
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
SMK N 2 CURUP TIMUR
Kelas X
I.
PILIHLAH DENGAN MEMBERI TANDA SILANG(x) PADA HURUF a, b, c, d atau e JAWABAN YANG PALING BENAR !
1. Satuan jumlah zat dalam perhitungan kimia adalah . . . .
a. gram b. liter c. gram/mol d. mol e. partikel
2. 1 mol zat sama dengan . . . partikel.
a. 6,02 X 1021 b. 6,02 X 1023 c. 6,02 X 1022 d. 6,02 X 1024 e. 6,02 X 10
3. Bilangan 6,02 X 1023 sering disebut tetapan . . . .
a. Lochsmid b. Dalton c. Lavoisier d. Proust e. Avogadro
4. Jumlah atom dari molekul senyawa Al2(SO4)3 adalah . . . atom
a. 17 b. 16 c. 5 d. 9 e. 13
5. 2 mol CuSO4 mengandung . . . molekul Cuprisulfat.
a. 6,02 X 1021 b. 6,02 X 1023 c. 6,02 X 1022 d. 1,204 X 1024 e. 6,02 X 10
6. 0,5 mol Na mengandung . . . atom Natrium.
a. 6,02 X 1021 b. 6,02 X 1023 c. 6,02 X 1022 d. 6,02 X 1024 e. 3,01 X 1023
7. Jumlah atom dari molekul senyawa H2SO4 adalah . . . .
a. 9 b. 8 c. 7 d. 6 e. 3
8. Massa Atom Relatif (Ar) N; Nitrogen = 14 , Ar O (Oksigen) = 16, maka perbandingan massa atom Nitrogen dengan Oksigen pada N2O adalah . . . .
a. 7 : 4 b. 2 : 1 d. 2 : 2 d. 4 : 2 e. 8 : 4
9. Massa oksigen di dalam senyawa XO2 adalah 40 %. Jika Ar O = 16, maka Ar X = . . . .
a. 40 b. 48 d. 16 d. 32 e. 80
10. Jumlah molekul yang terdapat dalam 8 gram gas O2 (Ar O = 16) adalah . . . .
a. 15,05 X 1021 b. 150,5 X 1020 c. 1,505 X 1023 d. 1,204 X 1024 e. 6,02 X 10
II. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT DENGAN JELAS DAN BENAR !
1. Jelaskan pengertian mol!
2. Tuliskan tetapan Avogadro !
3 Tuliskan rumus perhitungan jum lah mol!
4. Tentukan jumlah mol dari 3,01 X 1023 atom Natrium !
5. Tentukan jumlah partikel 1,5 mol senyawa H2SO4 !
ULANGAN TENGAH SEMESTER (Mid)GENAP
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
SMK N 2 CURUP TIMUR
Kelas XI
1. Kimia yang membahas tentang hubungan kalor dengan reaksi kimia atau proses-proses yang berhubungan dengan reaksi kimia disebut . . . .
a. Termodinamika b. Termokimia c. Termostart d. Kalorimetri e. Entalpi
2. Dua hal yang perlu diperhatikan menyangkut perpindahan energi antara lain :
a. energi b. reaksi c. entalpi d. lingkungan e. suhu
3. Perubahan entalpi dilambang dengan simbol . . . .
a.
H b. H c. T d. h e. t
4. Sistem yang memungkinkan terjadinya pertukaran kalor dan zat (materi) antara lingkungan dengan sistem disebut sistem . . . .
a. bebas b. tertutup c. terbuka d. terbatas e. terikat
5. Reaksi yang disertai dengan perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan disebut reaksi :
a. endoterm b. eksoterm c. balik d. ireversibel e. tidak balik
6. Alat untuk mengukur perubahan kalor pada suatu reaksi disebut . . . .
a. kalormeter b. meter kalor c. multimeter d. mikrometer e. kalorimeter
7. Jika dalam suatu reaksi sistem kesetimbangan diberikan aksi, maka sistem akan berubah sedemikian rupa sehingga pengaruh aksi itu sekecil mungkin; merupakan bunyi azas:
a. Le Chatelier b. Hess c. Avogadro d. Haber e. Wange
8. Suatu reaksi dalam keadaan setimbang bila . . . .
a. Reaksinya berlangsung dua arah pada waktu bersamaan
b. Jumlah mol zat yang ada pada keadaan setimbang selalu sama
c. Reaksi berlangsung dua arah dalam laju reaksi yang sama
d. Masing-masing zat yang bereaksi sudah habis
e. Jumlah zat yang terbentuk dalam reaksi sama dengan pereaksi.
9. Tetapan kesetimbangan dilambangkan dengan huruf . . . .
a. k b. B c. S d. T e. K
10. Rumus kesetimbangan yang benar adalah . . . .
[C] [D] [C]m [D]n [ m] [ n ]
[A] [B] [A]p [B]q [ p ] [ q ]
C D [C] [N]n
b. K = d. K =
A B [A]p [B]
I. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT DENGAN JELAS DAN BENAR !
1. Jelaskan perbedaan reaksi endoterm dengan reaksi eksoterm !
2. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi!
3. Berilah keterangan rumus dari jawaban no 10 di atas !
4. Sebutkan 2 contoh penerapan keseimbangan dalam insdustri !
5. Jelaskan fungsi katalisator dalam kesetimbangan reaksi dalam industri !
K I M I A SMK
Tahun 2003
UNAS-SMK-03-01
1. Pernyataan berikut merupakan contoh perubahan
materi:
(1) Petasan meledak
(2) Ban sepeda kempes
(3) Pembuatan tape singkong
(4) Lampu petromak menyaJa
(5) Pembuatan tepung beras
Pasangan pernyataan yang termasuk perubahan kimia
…
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (2) dan (5)
E. (4) dan (5)
UNAS-SMK-03-02
2. Lambang unsur dari atom: Brom, Perak dan Tembaga
…
A. Br, Hg, Te
B. Br, Ag,Cu
C. B, Ag, dan Cu
D. Be, Hg, Cu
E. B, P, dan Cu
UNAS-SMK-03-03
3. Diantara materi berikut:
(1) Gula pasir
(2) Air raksa
(3) Batu kapur
(4) Antimon
(5) Garam dapur
Kelompok yang termasuk senyawa adalah ...
A. (1), (3), dan (5)
B. (1), (2), dan (3)
C. (2), (4), dan (5)
D. (1), (4), dan (5)
E. (2), (3), dan (4)
UNAS-SMK-03-04
4. Terdapat persamaan reaksi:
a A12O3 + b HC1 .
c A1C13 + d H2O
Harga koefisien a, b, c, dan d berturut-turut adalah ...
A. 1, 3,1, 3
B. 1, 6,2, 3
C. 1, 3,2, 3
D. 2, 3,2, 3
E. 2, 6,3, 2
UNAS-SMK-03-05
5. Bensin merupakan campuran senyawa C7H16 dan C8H18
Jika komposisi campuran C7H16: C8H18 = 1 : 1, maka 2
liter bensin bila dibakar sempurna akan memerlukan
oksigen sebanyak ...
A. 11,75 L
B. 12,00 L
C. 14,55 L
D. 18,75 L
E. 23,50 L
UNAS-SMK-03-06
6. Massa dari 0,2 mol batu kapur CaCO3 (Ar: Ca = 40)
adalah ...
A. 0,1 gram
B. 0.2 gram
C. 2 gram
D. 10 gram
E. 20 gram
UNAS-SMK-03-07
7. Sebanyak 20 gram soda koustik NaOH (Ar : Na = 23,
O = 16, H = 1) dilarutkan dalam 100 ml air maka
molaritas larutan NaOH yang terbentuk adalah ...
A. 0,1 M
B. 0,2 M
C. 0,5 M
D. 2 M
E. 5 M
UNAS-SMK-03-08
8. Nomor atom suatu unsur 58 dan massa atomnya 140.
Maka jumlah neutron yang terdapat dalam inti atomnya
adalah ...
A. 40 Neutron
B. 58 Neutron
C. 68 Neutron
D. 82 Neutron
E. 140 Neutron
UNAS-SMK-03-09
9. Unsur kalium (K) memiliki npmor atom 19 dan nomor
massa 39 maka susunah eketron dalam kulit adalah ...
A. 2 – 8 – 9
B. 2 – 8 – 10
C. 2 – 8 – 8 – 1
D. 2 – 8 – 8 – 2
E. 2 – 8 – 18–9 – 2
UNAS-SMK-03-10
10. Unsur X memiliki nomor atom 15 dan nomor massa
31, nomor golongan dan periode dari unsur tersebut
adalah ...
A. II A dan 5
B. III A dan 5
C. III B dan 2
D. V A dan3
E. V A dan2
UNAS-SMK-03-11
I1. Ikatan kimia yang dibentuk antara unsur 11X dan 35Y
adalah ...
A. kovalen
B. logam
C. ion
D. kovalen koordinat
E. hidrogen
UNAS-SMK-03-12
12. Senyawa yang mempunyai struktur
CH3––CH2––CH2––CH2––CH2––CH3
adalah ...
A. n–pentana
B. n–heksana
C. n–heptana
D. n–pentena
E. n–heksena
UNAS-SMK-03-13
13. Senyawa yang dapat menaikan angka oktan bensin
adalah ...
A. kapur
B. glikol
C. asam sulfat
D. garam dapur
E. tetraetiltimbal
UNAS-SMK-03-14
14. Diketahui data:
. Hf° CS2 = + 88 kj/mol
. Hf° CO2 = – 394 kj/mol
. Hf° SO2 = – 297 kj/mol
Reaksi pembakaran
CS2 + 3O2 .
CO2 + 2SO2
Maka kalor reaksi tersebut adalah ...
A. – 1760 kj
B. – 1076 kj
C. – 691kj
D. – 306kj
E. – 209kj
UNAS-SMK-03-15
15 Jika diketahui:
.H1
A + B
C + D
.H2
.H4
.H3
P + Q
R + S
Maka menurut hukum Hess:
A. .H1 = .H2 + .H3 – .H4
B. .H1 = .H2 + .H3 + .H4
C. .H4 = .H1 + .H2 + .H3
D. .H1 + .H4 = – .H2 – .H3
E. .H1 + .H3 = .H2 + .H4
UNAS-SMK-03-16
16. Berdasarkan gambar percobaan di bawah ini:
Serbuk kapur Serbuk kapu
Bongkahan kapur Bongkahan kapur
Butir Kapur
Tabung yang paling cepat bereaksi adalah …
A. I
B. II
C. Ill
D. IV
E. V
UNAS-SMK-03-17
17 .Hal di bawah ini yang dapat menghambat laju reaksi
adalah ...
A. menambah katalis
B. memperluas permukaan
C. memperbesar tekanan
D. menurunkan suhu reaksi
E. memperbesar konsentrasi larutan
UNAS-SMK-03-18
18. Pada reaksi: 2 HI(g) . H2(g) + I2(g)
Jika tekanan diturunkan, maka kesetimbangan reaksi
bergeser kearah ...
A. H2 dan I2
B. HI
C. H2
D. I2
E. tetap
UNAS-SMK-03-19
19. Diketahui reaksi: 2 SO3(g) .
2 SO2(g) + O2(g)
Maka tetapan kesetimbangan adalah ...
[2SO2 ][
O2 ]
A. K =
[2SO3 ]
[SO2 ]2 [O2 ]
B. K =
[SO ]2
3
[SO ][
O ]
22
C. K =
[SO3 ]
[2SO ]
3
D. K =
[2SO ][
O2 ]
2
[SO3 ]2
E. K =
2
[SO3 ][
O2 ]
UNAS-SMK-03-20
20. Diantara senyawa berikut:
(1) HNO3
(2) Na Br
(3) NH4OH
(4) CH3COOH
(5) K2SO4
Kelompok senyawa kovalen yang jika dilarutkar dalam
air akan menghantarkan arus listrik adalah ...
A. (2), (4), dan (5)
B. (2), (3), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (1), (3), dan (5)
E. (1), (2), dan (4)
UNAS-SMK-03-21
21. Sebanyak 4 gram NaOH (Mr = 40) dilarukan dalam air
hingga volumenya 10 liter, maka pH larutan ...
A. 1
B. 2
C. 10
D. 12
E. 14
UNAS-SMK-03-22
22. Dari pengujian larutan diperoleh data sebagai berikut:
Nomor
Larutan
Warna lakmus Daya hantar listrik
Biru Merah Lampu
1
2
3
4
5
Merah
Biru
Biru
Merah
Biru
Merah
Biru
Merah
Merah
Biru
Nyala redup
Nyala terang
Nyala redup
Nyala terang
Nyala redup
Nomor larutan yang bersifat basa adalah ...
A. 3 dan5
B. 3 dan4
C. 2 dan5
D. 1 dan3
E. 1 dan4
UNAS-SMK-03-2
23. Garam yang dihasilkan
dengan H2CO3 adalah ...
A. NaCO3
B. Na3CO3
C. Na2CO3
D. Na(CO3)2
E. Na3(CO3)2
UNAS-SMK-03-24
24. dari reaksi antara NaOH
Jenis alkohol yang terdapat dalam minuman keras
adalah ...
A. metanol
B. etanol
C. propanol
D. butanol
E. pentanol
UNAS-SMK-03-25
Dietil eter adalah senyawa karbon yang digunakan
sebagai ...
A. penggumpal lateks
B. pengawet mayat
C. obat bius
D. pencuci luka
E. bahan campuran untuk spiritus
UNAS-SMK-03-26
Arus listrik 10 amper dialirkan ke dalam larutan
AgNO3 selama 965 detik. Massa perak yang dihasilkan
pada katoda adalah ...
A.
B.
C.
D.
E.
2,7 gram
5,4 gram
9,65 gram
10,8 gram
27 gram
UNAS-SMK-03-27
25. Persamaan reaksi berikut yang termasuk reaksi redoks
adalah ...
A. Ag+ + Cl– .
AgCl
B. Na .
Na+ + e –
C. Ba2+ + 2e– . Ba
D. 2 Al+ 6 H+ . 2Al3+ + 3 H2
E. 2I– . I2 + 2e–
UNAS-SMK-03-28
26. Pada reaksi inti :
10 131
B +
X .
N +
n , X adalah ...
5 70
A. 42He
B. -
0ß
1
C. 0 .
0
1
D. p
1
0
E. e
+1
UNAS-SMK-03-29
27. Emulsi santan merupakan sistem koloid yang fase
terdispersi dan medium pendispersinya adalah ...
A. gas – gas
B. cair – cair
C. cair – padat
D. cair – gas
E. gas – cair
UNAS-SMK-03-30
28. Penghamburan bekas cahaya dalam sistem koloid
disebut ...
A. adsorpsi
B. dialisis
C. efek tyndall
D. dispersi
E. gerak Brown
UNAS-SMK-03-3
29. Hematit merupakan hasil tambang sebagai bahan dasar
dalam pembuatan ...
A. Aluminium
B. Besi
C. Nikel
D. Tembaga
E. Perak
UNAS-SMK-03-32
30. Logam campuran yang mengandung Ni, Fe dan Cr
disebut ...
A. Ainico
B. Kuningan
C. Nikron
D. Perunggu
E. Stainless stell
UNAS-SMK-03-33
31. Fungsi terpenting lapisan ozon di atmosfer adalah ...
A. penyerapan gas CO
B. pengoksidasi gas NO
C. pengoksidasi senyawa karbon
D. pemancar sinar ultra violet matahari
E. penyaring sinar ultra violet matahari
UNAS-SMK-03-34
32. Pencemar udara yang dapat bereaksi dengan haemoglobin
adalah ...
A. gas NO
B. gas CO
C. gas CO2
D. gas SO2
E. gas SO3
UNAS-SMK-03-35
33. Meningkatkan jumlah gas karbondioksida diudara
dapat menimbulkan ...
A. hujan asam
B. kerusakan otak
C. efek rumah kaca
D. menghalangi pandangan
E. esak nafas
UNAS-SMK-03-36
34. Hal-hal berikut merupakan syarat-syarat air bersih
kecuali ...
A. DO tinggi
B. BOP tinggi
C. PH = 7
D. tidak berbau
E. bebas kuman
UNAS-SMK-03-37
35. Kesadahan tetap disebabkan oleh garam-garam
MgSO4, CaSO4 atau CaCl2.
Kesadahan air di atas dapat dihilangkan dengan cara
menambahkan ...
A. HCl
B. H2CO3
C. CaCO3
D. Na2CO3
E. MgCO3
UNAS-SMK-03-38
36. Bahan kimia pestisida yang sudah dilarang penggunaannya
adalah ...
A. DDT
B. Alldrin
C. BHT
D. Cu2O
E. Dieldrin
UNAS-SMK-03-39
37. Bahan buangan plastik dapat menyebabkan pencemaran
tanah, karena....
A. tidak dapat dibakar
B. tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme'
C. mudah larut dalam air
D. dapat bereaksi dengan tanah
E. dapat meracuni habitat tanah
UNAS-SMK-03-40
38. Zat aditif makanan yang dapat menyebabkan gejala
penyakit Chinnese Restaurant Syndrome adalah ...
A. asam sistrat
B. aspartat
C. BHT
D. Na-benzoat
E. MSG
ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Tingkat II
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT DENGAN JELAS DAN BENAR !
1. Apakah yang dimaksud dengan atom C primer, atom C sekunder, atom C tersier, dan atom C kuarterner ? Beri penjelasan dengan bagan/rumus strukturnya.
2. Jelaskan perbedaan senyawa hidrokarbon jenuh dengan hidrokarbon tak jenuh, beri contoh masing-masing!
3. Sebut fraksi-fraksi hasil destilasi minyak bumi dan kegunaan masing-masing !
4. Jelaskan perbedaan reaksi endoterm dengan reaksi eksoterm !
5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi !
JAWABAN :
1. a. Atom C primer adalah atom karbon yang diikat oleh 1 atom karbon lainnya.
b. Atom C sekunder adalah aton karbon yang diikat oleh 2 atom karbon lainnya.
c. Atom C tersier adalah atom karbon yang diikat oleh 3 atom karbon lainnya.
d. Atom C kuarterner adalah atom karbon yang diikat oleh 4 atom karbon lainnya.
2. a. Hidrokarbon tak jenuh : senyawa hidrokarbaon yang mengandung 1 atau lebih ikatan rangkap antar atom karbon.
contoh : alkena, alkuna dan benzena
b. Hidrokarbon jenuh : senyawa hidrokarbon yang seluruh ikatan antar atom karbon merupakan ikatan tunggal
3. a. Gas : LPG (ahan bakar gas)
b. Petrolium eter (pelarut)
c. Bensin (gasolin) premium
d. Minyak tanah (kerosin)
e. Pelumas
f.
ULANGAN MID SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tingkat 1
1. Menurut anda, apakah ilmu kimia itu ?
2. Pikirkanlah tentang sebuah televisi, kemudian anda kemukakan peranan ahli kimia dalam pembuatan televisi tersebut !
3. Tuliskan pengertian ilmu kimia dalam ilmu kimia !
4. Jelaskan pengertian dari : a. atom, b. molekul
5. Jelaskan bagaimana menuliskan lambang unsur menurut Bezelius.
6. Tuliskan lambang unsur-unsur berikut : a. besi b. tembaga c. aluminium d. emas e. perak.
7. Sebutkan ciri-ciri yang dimiliki unsur logam !
8 Jelaskan pengertian dari perubahan kimia !
9. Gambarlah menurut anda sebuah atom dan beri keterangan !
10 Apakah perbedaan senyawa dengan campuran ?
ULANGAN MID SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tingkat 3
1. Jelaskan perbedaan monomer yang dapat berpolimerisasi adhisi dengan yang dapat berpolimerisasi kondensasi !
2. Apakah yang dimaksud dengan : a. polimer alam, b. polimer sintetis.
3. Sebutkan masing-masing 5 contoh polimer alam dan polimer sintetis !
4. Jelaskan pengertian dari : a. polimer termosetting b. polimer termoplastik.
5. Jelaskan pengertian koloid !
6. Jelaskan perbedaan dari : larutan, koloid dan suspensi.
7. Sebutkan jenis-jenis koloid !
8. Sebutkan contoh-contoh koloid menurut jenisnya !
9. Apakah yang dimaksud dengan efek Tyndall ?
10. Berikan beberapa contoh pemanfaatan koloid dalam kehidupan sehari-hari !
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
SMK N 2 CURUP TIMUR
Mata Pelajaran
|
KIMIA
|
Nama
| |
Tingkat/Prog
|
I TAV dan TITL
|
Kelas/NIS
|
I. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang telah disediakan!
1. Pernyataan berikut merupakan contoh perubahan materi:
(1) Petasan meledak (2) Ban sepeda kempes (3) Pembuatan tape singkong
(4) Lampu petromak menyaJa (5) Pembuatan tepung beras
Pasangan pernyataan yang termasuk perubahan kimia …
A. (1) dan (2) B. (2) dan (3) C. (3) dan (4) D. (2) dan (5) E. (4) dan (5)
2. Lambang unsur dari atom: Brom, Perak dan Tembaga …
A. Br, Hg, Te B. Br, Ag,Cu C. B, Ag, dan Cu D. Be, Hg, Cu E. B, P, dan Cu
3. Diantara materi berikut:
(1) Gula pasir (2) Air raksa (3) Batu kapur (4) Antimon (5) Garam dapur
Kelompok yang termasuk senyawa adalah ...
A. (1), (3), dan (5) B. (1), (2), dan (3) C. (2), (4), dan (5) D. (1), (4), dan (5) E. (2), (3), dan (4)
4. Materi berikut yang tergolong unsur adalah ...
A. garam dapur B. perak C. sirup D. kuningan E. gula pasir
5. Na, Cu, dan Ag merupakan lambang atom dari unsurunsur ...
A. natrium, tembaga, dan perak D. naftalena, kurium, dan timbal
B. natrium, tembaga, dan timah
C. natrium, kurium, dan argentum E. naftalena, kadmium, dan nikel
6. Berikut ini yang termasuk campuran adalah ...
A. oksigen, air teh, dan udara D. air teh, udara, dan kuningan
B. oksigen, air teh, dan besi
C. oksigen, udara, dan emas E. udara, besi, dan emas
7. Berikut disajikan beberapa perubahan materi berikut:
(1) Pembuatan batu koral (2) Pembuatan tape (3) Pembuatan tepung beras
(4) Penyulingan minyak kayu putih (5) Pembakaran kayu (6) Bensin terbakar
Yang termasuk peristiwa perubahan fisika adalah ...
A. (1), (2), dan (3) B. (2), (3), dan (4) C. (2), (5), dan (6) D. (4), (5), dan (6) E. (3), (4), dan (6)
8. Litium, kalsium, dan tembaga merupakan lambang atom dari unsur-unsur ...
A. Ca, Cu, dan Li B. Ca, Li, dan Cu C. Li, Cu, dan Ca D. Li, Ca, dan Cu E. Cu, Ca, dan Li
9. Berikut ini yang termasuk campuran adalah ...
A. oksigen, air teh, dan udara D. air teh, udara, dan kuningan
B. oksigen, air teh, dan besi
C. oksigen, air, dan air aki E. udara, besi, dan emas
10. Nomor atom suatu unsur 58 dan massa atomnya 140. Maka jumlah neutron yang terdapat dalam inti atomnya adalah ...
A. 40 Neutron B. 58 Neutron C. 68 Neutron D. 82 Neutron E. 140 Neutron
11. Unsur kalium (K) memiliki npmor atom 19 dan nomor massa 39 maka susunah eketron dalam kulit adalah ...
A. 2 – 8 – 9 B. 2 – 8 – 10 C. 2 – 8 – 8 – 1 D. 2 – 8 – 8 – 2 E. 2 – 8 – 18–9 – 2
12. Unsur X memiliki nomor atom 15 dan nomor massa 31, nomor golongan dan periode dari unsur tersebut adalah...
A. II A dan 5 B. III A dan 5 C. III B dan 2 D. V A dan3 E. V A dan2
13. Di bawah ini beberapa sifat umum untuk unsur-unsur logam, kecuali ...
A. mudah meledak D. dapat ditempa
B. mempunyai kilap logam
C. dapat menghantarkan panas dan listrik E. pada suhu kamar berupa zat padat, kecuali pada air raksa
14. Unsur-unsur nonlogam tidak dapat menghantarkan arus listrik, kecuali ...
A. O (Oksigen) B. N (Nitrogen) C. C (Karbon) D. S (Sulfur) E. P (Posfor)
15. Unsur kalsium memiliki nomor atom 20 dan nomor massa 40. Konfigurasi elektronnya adalah ...
A. 2 8 8 2 B. 2 8 8 3 C. 2 8 6 4 D. 2 8 1 8 2 E. 2 8 1 8 3 2
II. Tulislah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
- Apakah yang dimaksud dengan perubahan kimia ?
- Sebutkan ciri-ciri dari reaksi kimia?
- Sebutkan 5 unsur logam dan lambangnya!
- Buatlah bagan/gambar sebuah atom dengan keterangan partikel-partikel penyusunnya!
- Tuliskan konfigurasi elektron untuk unsur Ca 19!
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
SMK N 2 CURUP TIMUR
Mata Pelajaran
|
KIMIA
|
Nama
| |
Tingkat/Prog
|
II TAV 1 dan TAV 2
|
Kelas/NIS
|
I. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang telah disediakan!
1. Diantara larutan berikut ini termasuk larutan elektrolit kuat adalah ....
A. asam sulfat B. Asam cuka C. glukosa D. Gula sus E. Asam format
2. Penyebab adanya kemampuan menghantar arus listrik dalam dalam larutan elektrolit adalah ....
A. Molekul-molekul yang tersebar di dalam larutan
B. Atom-atom yang tersebar di dalam larutan
C. Ion-ion positif dan ion-ion negatif yang tersebar di dalam larutan
D. Gabungan molekul zat terlarut di dalam larutan
E. Gabungan atom-atom zat terlarut di dalam larutan
3. Suatu larutan merupakan penghantar listrik yang baik, jika larutan itu mengandung ....
A. Elektron yang bebas bergerak D. Air yang terionisasi
B. Logam yang merupakan penghantar listrik
C. Air yang merupakan penghantar listrik E. Ion-ion yang bergerak bebas
4. HCL merupakan contoh dari . . . .
A. senyawa elektrolit non ionik D. Senyawa kovalen yang elektrolit
B. senyawa ionik yang elektrolit
C. senyawa kovalen yang nonelektrolit E. Senyawa yang dapat menghantarkan arus listrik
5. Lampu alat penguji eletrolit tidak menyala ketika elektroda dicelupkan ke dalam asam cuka tetapi pada elektroda terbentuk gelembung gas, penjelasan untuk keadaan ini adalah . . . .
6. Senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang mengandung unsur-unsur . . . .
A. karbon dan oksigen C. karbo dan hidrogen E. hidrogen dan nitrogen
B. karbon dan nitrogen D. oksigen dan hidrogen
7. Komponen utama dari minyak bumi adalah . . . .
A. alkana dan alkena D. Alkana dan sikloalkana
B. Alkana dan aromatis
C. Alkena dan sikloalkana E. sikloalkana dan aromatis
8. Rumus umum alkana yaitu .....
A. CnH2n +2 B. CnH2n C. CnH2n ─2 D. CnH2n +1 E. CnHn─1
9. Rumus molekul metana adalah . . . .
A. C2H6 B. C3H8 C. CH4 D. C4H10 E. C5H12
10. Atom C mempunyai nomor atom . . . .
A. 7 B. 8 C. 9 D. 5 E. 6
II. Tulislah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
- Atom C primer adalah . . . .
- Atom C sekunder adalah . . . .
- Apakah larutan elektrolit itu?
- Sedangkan larutan non elektrolit itu adalah . . . .
- Bagaimana cara membuktikan suatu larutan itu termasuk elektrolit atau non elektrolit?
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
SMK N 2 CURUP TIMUR
Mata Pelajaran
|
KIMIA
|
Nama
| |
Tingkat/Prog
|
III Semua Program
|
Kelas/NIS
|
I. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang telah disediakan!
1. Hal di bawah ini yang dapat menghambat laju reaksi adalah ...
A. menambah katalis D. menurunkan suhu reaksi
B. memperluas permukaan
C. memperbesar tekanan E. memperbesar konsentrasi larutan
2. Susu adalah sistem koloid yang medium dan fasa terdispersinya ...
A. gas dan cairan B. gas dan zat padat C. cairan dan gas D. cairan dan cairan E. zat padat dan gas
3. Penghamburan bekas cahaya dalam sistem koloid disebut ...
A. adsorpsi B. dialisis C. efek tyndall D. dispersi E. gerak Brown
4. Emulsi santan merupakan sistem koloid yang fase terdispersi dan medium pendispersinya adalah ...
A. gas – gas B. cair – cair C. cair – padat D. cair – gas E. gas – cair
5. Diberikan beberapa contoh zat berikut:
1. tinta 2. agar agar 3. airteh 4. air kopi 5. air garam
Pasangan zat yang merupakan sistem koloid adalah ...
A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 5
6. Salah satu contoh aerosol cair yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A. kabut B. sabun C. mutiara D. susu E. lem
8. Jenis koloid yang fase terdispersinya cair dan medium pendispersinya cair adalah ...
A. emulsi B. busa padat C. sol padat D. aerosol cair E. sol
9. Sifat adsorpsi dari koloid dapat digunakan dalam hal-hal di bawah ini, kecuali ...
A. pemurnian gula C. penjernihan air
B. pencucian dengan sabun D. pengobatan sakit perut E. pengumpalan karet
10. Faktor di bawah ini yang menghambat laju reaksi adalah ...
A. memperbesar konsentrasi larutan C. menambahkan katalis
B. menurunkan suhu reaksi D. memperbesar tekanan E. memperluas permukaan
11. Hal di bawah ini yang dapat mempercepat laju reaksi adalah ...
A. pendinginan reaksi C. memperbesar butiran pereaksi
B. pengenceran reaksi D. pangurangan konsentrasi E. pemberian katalisator
12. Reaksi di mana terjadi perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan disebut ...
A. reaksi endoterm B. reaksi analisis C. reaksi sintesis D. laju reaksi E. reaksi eksoterm
13. Diketahui persamaan laju reaksi: V =k ( ) ( ) A2 B2 2
Bila diketahui konsentrasi zat A = 10 M dan zat B2 = 25 M, serta besar laju reaksinya 125 M/detik, maka
besarnya konstanta laju reaksinya adalah ...
A. 0,20 B. 0,10 C. 0,40 D. 0,28 E. 0,36
14. Satuan untuk tetapan laju reaksi adalah ...
A. M2/detik B. M/detik C. detik/M D. l/M2det2 E. 1/M detik
15. Laju reaksi 2A + 2B . 3C + D pada setiap saat dapat dinyatakan sebagai ...
A. penambahan konsentrasi A tiap satuan waktu D. penambahan konsentrasi A dan B tiap satuan waktu
B. penambahan konsentrasi B tiap satuan waktu E. penambahan konsentrasi B dan C tiap satuan waktu
C. penambahan konsentrasi C tiap satuan waktu
II. Tulislah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
- Pengertian laju reaksi adalah . . . .
- Faktor-faktor yang mempengaruhi laju rekasi yaitu . . . .
- Sebutkan jenis-jenis koloid !
- Jelaskan pengertian Polimer !
- Sebutkan jenis polimer menurut sifatnya terhadap panas dan beri masing-masing 2 contoh.
...........................................................................................................................................................................................................................
Senam Hip-Heart